Ketahuilah Penyakit Paru-Paru Yang Mematikan

pic source: https://ciputrahospital.com/
 

Penyakit paru-paru merujuk pada berbagai gangguan yang mempengaruhi paru-paru, organ yang berfungsi untuk mengambil oksigen dari udara dan membuang karbon dioksida. Penyakit paru-paru dapat diklasifikasikan menjadi dua kategori utama: penyakit obstruktif dan penyakit restriktif.


Penyakit paru-paru obstruktif, seperti asma dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), ditandai oleh penyempitan saluran udara sehingga menghambat aliran udara keluar dari paru-paru. Gejala yang umum terjadi pada penyakit obstruktif paru-paru termasuk kesulitan bernapas, batuk, wheezing, dan produksi lendir yang berlebihan.


Sementara itu, penyakit paru-paru restriktif melibatkan kerusakan pada jaringan paru-paru yang menghambat volume udara yang dapat masuk ke dalam paru-paru. Contoh penyakit paru-paru restriktif termasuk fibrosis.

Terdapat berbagai jenis penyakit paru-paru yang sebagian besar disebabkan oleh infeksi atau peradangan dalam sistem pernapasan. Beberapa jenis penyakit paru-paru yang umum meliputi:


1. Pneumonia: Pneumonia adalah infeksi paru-paru yang disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur. Gejala pneumonia meliputi batuk, demam, sesak napas, dan nyeri dada.


2. Asma: Asma adalah penyakit kronis yang menyebabkan inflamasi dan penyempitan saluran udara. Gejala asma meliputi sesak napas, dada berdebar-debar, batuk, dan mengi.


3. Bronkitis: Bronkitis adalah peradangan saluran udara bronkus yang menyebabkan produksi dahak berlebihan. Gejala bronkitis meliputi batuk kronis, dahak, sesak napas, dan nyeri dada.


4. Kanker paru-paru: Kanker paru-paru adalah pertumbuhan sel-sel kanker yang tidak normal.

Kanker paru-paru adalah kondisi dimana sel-sel di dalam paru-paru mengalami pertumbuhan yang tidak terkontrol. Kanker paru-paru dapat berasal dari sel-sel yang membentuk jaringan paru-paru itu sendiri atau dapat menyebar dari area lain dalam tubuh.


Faktor risiko utama untuk kanker paru-paru adalah merokok tembakau. Merokok tembakau merupakan penyebab utama dari sebagian besar kasus kanker paru-paru. Anda juga berisiko lebih tinggi untuk mengembangkan kanker paru-paru jika Anda terpapar asap rokok secara pasif atau memiliki riwayat keluarga dengan kanker paru-paru. Faktor risiko lainnya termasuk paparan zat-zat berbahaya seperti asbestos, radon, arsenik, dan polusi udara.


Gejala awal kanker paru-paru sering kali tidak terlihat atau diabaikan. Gejalanya dapat meliputi batuk yang tidak kunjung sembuh, napas pendek, nyeri dada, batuk berdarah. 

Bila kita semakin usia, kita akan terdedah dengan berbagai penyakit kerana imuniti kita semakin lemah dah terdedah dengan kemikal, semakin sibuk mencari rezeki kita akan lebih terdedah dengan makanan yang berproses, kurang senaman dan makanan yang tinggi lemak dan kurang berkhasiat, badan semakin lemah dan banyak kerisauan kerana semakin banyak masalah yang kita sudah alami. Jadi sebelum ianya menjadi lebih parah, Lebih baik anda ambil langkah perlindungan dengan mengambil hibah, duit pampasan anda boleh gunakan untuk dapatkan rawatan hospital atau rawatan alternatif yang anda yakini. Bertindak selagi anda masih lagi sihat, bila sudah disahkan oleh doktor, anda sudah tidak layak mendapat apa saja duit pampasan dari takaful. Hubungi saya Rahmah dapatkan konsultasi percuma.

 Klik link wasap.

No comments:

Post a Comment