Selalu Lemah Letih, Sakit Bahagian Tulang Tanda Sakit Multiple Myeloma


Multiple myeloma adalah jenis kanker yang berkembang dalam sel-sel sistem kekebalan tubuh yang disebut plasma. Plasma ini adalah jenis sel darah putih yang bertanggung jawab untuk memproduksi antibodi untuk melawan infeksi.

Multiple myeloma mengganggu produksi sel darah putih normal dalam sumsum tulang dan menghasilkan jumlah besar sel plasma yang abnormal. Sel-sel ini disebut sel mieloma dan dapat mengumpulkan di tulang-tulang tubuh, mempengaruhi fungsi sumsum tulang, dan mempengaruhi produksi sel darah merah dan putih normal.

Gejala utama multiple myeloma termasuk kelelahan, kelemahan, nyeri tulang, sering mengalami infeksi, perdarahan mudah, memar mudah, dan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan. Selain itu, juga dapat menyebabkan gangguan ginjal, anemia, dan kerusakan tulang.

Penyebab pasti multiple myeloma belum diketahui, tetapi faktor-faktor risiko termasuk usia tua, keluarga yang memiliki riwayat multiple myeloma, paparan radiasi, paparan bahan kimia tertentu, dan infeksi virus tertentu.

Pengobatan multiple myeloma tergantung pada tingkat kesehatan pasien dan sejauh mana kankernya telah menyebar. Pilihan pengobatan termasuk kemoterapi, radioterapi, terapi target, transplantasi sel induk, dan pengobatan suportif untuk mengurangi gejala dan meningkatkan kualitas hidup.


 Anda kerap letih, dan nampak ada sel plasma yang tidak normal mungkin itu tanda yang diberikan oleh tubuh badan agar buat rawatan dan pemeriksaaan. Ketahuilah semakin kita berumur semakin kita terdedah dengan sakit kritikal. Jadi dapatkan perlindungan takaful, pelan hibah sakit kritikal sebelum anda sudah tidak lagi layak mendapatkan perlindungan dari mana-mana syarikat takaful. Duit pampasan boleh gunakan untuk rawatan hospital atau rawatan alternatif yang anda percayai. Klik link wasap untuk dapatkan konsultasi percuma dari saya. - Rahmah 

No comments:

Post a Comment