Bengkak Leher Tanda Awal Kanser Thyroid

Sakit thyroid kanser adalah jenis kanker yang terjadi pada kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid merupakan kelenjar yang terletak di bagian depan leher dan bertanggung jawab untuk menghasilkan hormon tiroid yang penting untuk mengatur metabolisme tubuh.


Gejala awal dari sakit thyroid kanser mungkin tidak terlihat atau hanya sedikit mengganggu. Namun, seiring berkembangnya kanker, gejalanya bisa menjadi lebih nyata dan mulai menyebabkan masalah.


Beberapa gejala yang dapat muncul pada sakit thyroid kanser antara lain:


1. Pembengkakan pada leher: Pilomat berada di bagian depan leher, sehingga jika terdapat tumor pada kelenjar tiroid dapat menyebabkan pembengkakan pada leher.


2. Kesulitan menelan: Tumor yang berkembang di kelenjar tiroid dapat menyebabkan rasa sakit atau kesulitan dalam menelan.


3. Perubahan suara: Tumor dapat menekan saraf yang mengontrol pita suara, menyebabkan perubahan suara seperti serak atau suara terdengar lebih rendah.


4. Nyeri atau ketidaknyamanan di leher.


5. Pembengkakan kelenjar getah bening di leher: Kanser tiroid dapat menyebar ke kelenjar getah bening di leher, yang dapat menyebabkan pembengkakan.


6. Kehilangan berat badan yang tidak dijelaskan.


7. Kelelahan yang berkepanjangan.


Jika mengalami gejala-gejala tersebut, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat.

 

Thyroid cancer, di sisi lain, adalah jenis kanker yang berkembang dalam kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid adalah kelenjar yang terletak di leher dan berfungsi mengatur metabolisme tubuh. Tanda-tanda dan gejala dari thyroid cancer bisa termasuk benjolan atau pembengkakan di leher, perubahan suara, kesulitan menelan, nyeri di leher atau tenggorokan, dan kadang-kadang suatu gumpalan dalam tenggorokan.

source: https://www.entclinic.sg/


Pengobatan untuk thyroid cancer biasanya melibatkan operasi untuk mengangkat kelenjar tiroid, kemoterapi, radioterapi, terapi radioaktif, atau pengobatan yang menargetkan hormon tiroid. Setiap kasus thyroid cancer adalah unik, jadi rencana perawatan akan disesuaikan dengan situasi individu setiap pasien.

Anda kerap sakit tekak, pembengkakan di leher, kerap letih mungkin itu tanda yang diberikan oleh tubuh badan agar buat rawatan dan pemeriksaaan. Ketahuilah semakin kita berumur semakin kita terdedah dengan sakit kritikal. Jadi dapatkan perlindungan takaful, pelan hibah sakit kritikal sebelum anda sudah tidak lagi layak mendapatkan perlindungan dari mana-mana syarikat takaful. Duit pampasan boleh gunakan untuk rawatan hospital atau rawatan alternatif yang anda percayai. Klik link wasap untuk dapatkan konsultasi percuma dari saya. - Rahmah 

No comments:

Post a Comment