Suara Jadi Serak, Mata Kabur Tanda Sakit Nasopharyngeal kanser

Nasopharyngeal kanser


source: http://www.entheadandneckspecialist.com/


Ini adalah sejenis kanker yang mempengaruhi nasofaringe, yaitu bagian belakang tenggorokan yang berhubungan dengan hidung dan pangkal tengkorak. Kanker nasofaringe umumnya berkembang perlahan-lahan dan tidak terdeteksi pada tahap awal.


Gejala yang paling umum dari kanker nasofaringe adalah:


- Pembesaran kelenjar getah bening di leher

- Konstipasi atau kesulitan menelan

- Suara serak

- Perubahan dalam penglihatan atau penglihatan kabur

- Sakit kepala persisten atau nyeri wajah

- Pembengkakan atau nyeri di wajah atau leher

- Mimisan

- Telinga berdenging


Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker nasofaringe termasuk infeksi virus Epstein-Barr (virus yang menyebabkan mononukleosis), paparan bahan kimia tertentu seperti formaldehid dan asap rokok, serta faktor genetik.


Pengobatan untuk kanker nasofaringe dapat meliputi radioterapi, kemoterapi, dan operasi. Penting untuk memperoleh perawatan medis segera setelah gejala muncul atau jika ada riwayat keluarga dengan kanker nasofaringe. Prognosis untuk kanker nasofaringe bervariasi tergantung pada stadium kanker dan respons terhadap pengobatan.

Simptom NPC yang boleh dilihat termasuk:•Benjolan di leher anda disebabkan oleh nodus limfa yang bengkak •Keputihan berdarah dari hidung anda•Hidung tersumbat/tersumbat pada sebelah hidung anda•Kehilangan pendengaran pada sebelah telinga -otitis media dengan kesan•Telinga yang kerap jangkitan•Sakit kepala•Penglihatan berganda•Sakit muka dan leher

 Ketahuilah semakin kita berumur semakin kita terdedah dengan sakit kritikal. Jadi dapatkan perlindungan takaful, pelan hibah sakit kritikal sebelum anda sudah tidak lagi layak mendapatkan perlindungan dari mana-mana syarikat takaful. Duit pampasan boleh gunakan untuk rawatan hospital atau rawatan alternatif yang anda percayai. Klik link wasap untuk dapatkan konsultasi percuma dari saya. - Rahmah 

No comments:

Post a Comment